Minggu, 12 Januari 2014

Administrasi Pendidikan




1.      Jelaskan konsep dasar dari pada administrasi pendidikan baik secara etimologi maupun terminologi ! serta manfaatnya bagi tujuan pendidikan !
Jawaban:
Secara Etimologi Administrasi berasal dari bahasa Latin yang terdiri dari kata Ad dan ministrare. Kata Ad artinya intensif, sedangkan kata ministrare artinya melayani, membantu/ mengarahkan. Jadi, administrasi secara Etimologi adalah melayani intensif.
Secara terminologi administrasi pendidikan adalah suatu cara bekerja dengan orang-orang dalam rangka usaha mencapai tujuan pendidikan yang efektif, yang berarti mendatangkan hasil yang baik dan tepat sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah ditentukan.
Dasar Administrasi Pendidikan, yaitu:
·         Efisiensi. Seorang Administrator akan berhasil dalam tugasnya bilamana dia efisien dalam menggunakan semua sumber tenaga dana dan fasilitas yang ada.
·         Pengelolaan. Administrasi akan memperoleh yang paling efektif dan efisien melalui orang lain dengan jalan melakukan pekerjaan manajemen, yakni merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, dan mengontrol.
·         Mengutamakan tugas pengelolaan. Maksudnya adalah sebagai petugas, seorang Administator harus mengutamakan tugas pokoknya ketimbang tugas lain yang sipatnya penunjang.
·         Kepemimpinan yang efektif, yakni memperhatikan dimensi-dimensi hubungan antar manusia, dimensi pelaksanaan, tugas, dan dimensi situasi yang ada.
·         Kerjasama, seorang Administator akan berhasil baik dalam tugasnya bila ia mampu mengemban kerjasama diantara orang-orang yang terlibat, bgaik secara horizontal maupun vertikal.
Manfaat Administrasi pendidikan bagi pendidikan:
·         Mengangkat derajat kinerja pekerja dan menolong mensukseskan dan memperbaiki kinerja tersebut.
·         Menciptakan iklim kerja yang baik untuk menerapkan prinsip-prinsip hubungan kemanusiaan yang sehat dengan menekankan penghargaan kepada setiap orang pada lembaga pendidikan yang bersangkutan.
·         Mendorong menerjemahkan, merubah pikiran-pikiran dan teori-teori pendidikan menjadi kurikulum program metode, media, prosedur, dan berbagai aktifitas pendidikan lainnya untuk menempuh jalan yang tepat dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.
·         Berusaha menghubungkan atau mempertemukan lembaga pendidikan dengan masyarakat kearah pengembangan, kemajuan, dan kestabilan.

2.      Jelaskan tentang pengertian organisasi dan mengapa organisasi dikatakan sebagai suatu alat untuk mencapai tujuan, dan benarkah bahwa organisasi pendidikan itu merupakan sebuah sistem. Uraikan !
Jawaban:
Organisasi pada dasarnya merupakan tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terkendali, dengan memanfaatkan sumber daya (dana, material, lingkungan, metode, sarana, prasarana, data) dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan bersama.
Setiap manusia yang memiliki kepentingan dan tujuan yang sama, menciptakan sebuah wadah atau badan dimana mereka saling berusaha untuk mewujudkan tujuan tersebut. Dan hal ini lah yang menjadi sebab adanya tujuan dari sebuah organisasi. Tujuan dicerminkan oleh sasaran yang harus dilakukan baik dalam jangka pendek, maupun jangka panjang.
Tujuan dari sebuah organisasi sangat mempengaruhi kinerja dari organisasi itu sendiri maupun untuk mencari massa atau anggota baru dalam pengembangan sebuah organisasi dan untuk menjaga kaderisasi anggota. Kaderisasi bertujuan untuk menjaga sebuah organisasi tetap bisa bertahan.
Organisasi merupakan sebuah sistem karena di dalam organisasi terjadi konversi dari input menjadi output dan di perlukan banyak proses yang saling berhubungan dari fungsi-fungsi struktural yang ada sebagai contoh RND, Produksi, Accounting, Marketing, IT dan lain -lain. Proses berjalan sampai menjadi output dan akan di dapat data yang di hasilkan selama berjalan. Diharapkan data dapat diolah menjadi informasi dan di kembalikan kembali ke setiap fungsi departemen dimana akan di gunakan untuk mengukur kinerja, kontrol dan untuk pendukung dari pengambilan keputusan.
Manusia merupakan salah satu faktor penting dalam organisasi. Manusia itu sendiri merupakan makhluk sosial. Dan dalam organisasi manusia bekerja tidak sendiri, maka manusia melakukan komunikasi serta koordinasi dalam bekerja. Dengan demikian aspek social tidak dapat dipisahkan dari organisasi. Dan dapat dikatakan juda bahwa Sistem social itu juga merupakan organisasi dan sebaliknya.

3.      Jelaskan bahwa suatu pekerjaan itu dapat dikatakan sebagai suatu profesi, sehingga apa yang dimaksud dengan profesi itu, dan benarkah bahwa pekerjaan guru itu merupakan pekerjaan profesi, bagaimana pendapat anda ?
Jawaban:
Fauzi (2008) mengatakan bahwa profesi merupakan jenis pekerjaan tetap dan penuh. Artinya profesi merupakan pekerjaan yang layanannya diperlukan oleh masyarakat untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi atau memenuhi kebutuhan mereka secara terus menerus. Tanpa layanan dari profesi tersebut masyarakat akan terganggu kehidupannya. Misalnya, seandainya tidak ada profesi kedokteran niscaya masyarakat akan terancam hidupnya. Dan seandainya tidak ada profesi kependidikan niscaya masyarakat akan terancam kebodohan dan tidak akan ada profesi apapun. Bandingkan, seandainya tidak ada sopir, tukang becak atau tukang potong rambut sekalipun tidak akan mengganggu kehidupan masyarakat.
Dengan demikian jelaslah bahwa profesi dan pekerjaan itu tidaklah sama, sehingga bisa dikatakan bahwa tidak sembarang pekerjaan bisa disebut sebagai profesi, kendati pun profesi itu sendiri adalah pekerjaan yang menghasilkan imbalan atau penghasilan. Karena itu Sahertian (1994) mengatakan bahwa hakikat profesi itu merupakan simbol dari suatu pekerjaan dan selanjutnya menjadi pekerjaan itu sendiri.
Menurut saya , pekerjaan guru dikatakan sebagai profesi, karena guru memiliki guru ciri dan  karakteristik yang melekat pada guru, yaitu; (1) memiliki fungsi dan signifikansi sosial bagi masyarakat, dirasakan manfaatnya bagi masyarakat (2) menuntut keterampilan tertentu yang diperoleh melalui proses pendidikan dan pelatihan yang cukup yang dilakukan oleh lembaga pendidikan yang dapat dipertanggungjawabkan, (3) memiliki kompetensi yang didukung oleh suatu disiplin ilmu tertentu (a systematic body of knowledge), (4) memiliki kode etik yang dijadikan sebagai satu pedoman perilaku anggota beserta sanksi yang jelas dan tegas terhadap pelanggar kode etik tersebut, (5) sebagai konsekuensi dari layanan dan prestasi yang diberikan kepada masyarakat, maka anggota profesi secara perorangan atau kelompok berhak memperoleh imbalan finansial atau material. Salah satu ciri guru sebagai profesi yang amat penting adalah guru harus memiliki kemampuan sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditetapkan.

4.      Uraikan, bahwa kepala sekolah atau madrasah itu  sebagai administrator dan supervisor pendidikan, dan sebutkan pula tugas-tugas kepala sekolah sebagai administator pendidikan !
Jawaban:
Kepala sekolah sebagai Administrator mempunyai tugas 6 hal penting, yaitu mengelola Administrasi KBM dan BK, mengelola administrasi kesiswaan, mengelola administrasi ketenagaan, mengelola administrasi keuangan, mengelola administrasi sarana prasarana, dan mengelola administrasi persuratan.
Kepala sekolah sebagai Supervisor merupakan salah satu tugas pokok pada intitusi pendidikan yang berkaitan dengan pengawasan di bidang pengajaran, mencangkup perencanaan pengajaran, proses pembelajaran, dan evaluasi pengajaran.
Tugas kepala sekolah sebagai Administrator pendidikan, yaitu tugas dari sisi Administrative process atau proses administrasi dan tugas dari sisi task areas bidang garapan pendidikan. Tugas merencanakan, mengkoordinir, mempengaruhi, dan mengadakan evaluasi.

5.      Coba uraikan bagaimana peran komunikasi dalam administrasi pendidikan, dan bagaimana peran kepemimpinan dalam administrasi pendidikan !
Jawaban:
Didalam sebuah Admninistrasi pendidikan perlu adanya komunikasi dari satu pihak dengan pihak yang lain agar tujuan dalam Administrasi pendidikan bisa tercapai. Proses penyampaian atau komunikasi ini meliputi lebih dari pada sekedar menyalurkan pikiran-pikiran, gagasan-gagasan, dan maksud-maksud secara lisan atau tertulis. Komunikasi dalam setiap bentuknya adalah suatu proses yang mempengaruhi sikap dan perbuatan orang-orang dalam struktur organisasi.
Peranan kepemimpinan dalam Administrasi pendidikan, yaitu mempertumbuhkan aktifitas yang bersifat pendidikan yang merencanakan, mengorganisir, dan memimpin sumber-sumber manusia dan barang untuk membantu dan mampu melaksanakan situasi belajar dan mengajar yang sesuai dengan tujuan sekolah tersebut. Disamping itu, sesuai pula baik dengan kebutuhan-kebutuhan dan maksud keinginan murid-murid, dewan guru, maupun masyarakat dalam daerah lingkungan tersebut.

6.      Jelaskan hubungan antara pendidikan dengan administrasi pendidikan ! Tunjukan peranan administrasi !
Jawaban:
Hubungan antara pendidikan dengan Administrasi Pendidikan. Pekerjaan Administrasi Pendidikan itu sifatnya kolaboratif, yaitu pekerjaan yang didasarkan atas kerjasama dan bukan bersifat individual. Sebagai tenaga kependidikan, khususnya guru wawasan tentang Administrasi Pendidikan sangat penting karena pemahaman tentang latar kerja. Wawasan itu dapat membantu mengambil keputusan yang tepat dalam melaksanakan tugasnya.
Peranan Administrasi Pendidikan, yaitu:
·         Perencanaan ( Planning )
·         Pengorganisasian ( Organizing )
·         Pengoordinasian ( Coordinating )
·         Komunikasi
·         Supervisi
·         Kepegawaian ( Staffing )
·         Pembiayaan ( Budgeting )
·         Penilaian ( Evaluating )

7.      Sebutkan komponen dasar atau unsur-unsur pokok dari administrasi pendidikan ! Terangkan maksudnya secara ringkas (sekelompok orang, tujuan, tugas, dan fungsi, kerjasama, sarana prasarana, biaya atau anggaran) !
Jawaban:
Unsur-unsur Administrasi Pendidikan, yaitu:
·         Adanya sekelompok manusia (sedikitnya 2 orang)
·         Adanya tujuan yang hendak dicapai bersama
·         Adanya tugas atau fungsi yang harus dilaksanakan (kegiatan bersama)
·         Adanya perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
Tujuan yaitu suatu keharusan dalam penyusunan anggaran yang efektif.
Sarana Prasarana secara umum diartikan berbagai barang atau atau benda yang memberikan dukungan secara tidak langsung dalam proses pembelajaran.
Biaya atau anggaran yaitu ketatausahaan dan tindakan keuangan, meliputi pencatatan data, perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, dan pertanggung jawaban keuangan.

8.      Jelaskan apa saja yang menjadi ruang lingkup administrasi pendidikan, dan ruang lingkup manajemen pendidikan !
Jawaban:
v  Ruang lingkup Administrasi Pendidikan, yaitu:
a.       Administrasi tata laksana Sekolah
·         Organisasi dan struktur tata usaha
·         Anggaran belanja keuangan sekolah
·         Masalah kepegawaian dan kesejahteraan personil sekolah
b.      Administrasi personil guru dan pegawai sekolah
·         Pengangkatan dan penempatan tenaga guru
·         Organisasi personil guru-guru
·         Masalah kepegawaian dan kesejahteraan guru
c.       Administrasi Peserta Didik
·         Organisasi dan perkumpulan peserta didik
·         Masalah kesehatan dan kesejahteraan peserta didik
·         Penilaian dan pengukuran kemajuan peserta didik
d.      Supervisi Pengajaran
·         Usaha membangkitkan dan merangsang semangat guru-guru dan pegawai Tata Usaha dalam menjalankan tugasnya masing-masing sebaik-baiknya
·         Usaha mengembangkan, mencari, dan menggunakan metode-metode baru dalam mengajar dan belajar yang lebih baik
e.       Pelaksanaan dan pembinaan kurikulum
·         Mempedomi dan merealisasikan apa yang tercantum didalam kurikulum sekolah yang bersangkutan dalam usaha mencapai dasar-dasar dan tujuan pendidikan serta pengajaran
·         Menyusun dan melaksanakan organisasi kurikulum beserta materi-materi, sumber-sumber, dan metode-metode pelaksanaannya, disesuaikan dengan pembaharuan pendidikan dan pengajaran serta kebutuhan masyarakat dan lingkunangan sekolah
f.       Pendirian dan perencanaan bangunan sekolah
·         Cara memilih letak dan menentukanluas tanah yang dibutuhkan
·         Mengusahakan, merencanakan, dan menggunakan biaya pendirian gedung sekolah
g.      Hubungan sekolah dengan masyarakat
v  Ruang lingkup manajemen pendidikan, yaitu meliputi segala hal yang pada dasarnya ditekankan pada pelaksanaan kegiatan usaha pendidikan supaya berjalan secara teratur dan tertib, yang semua itu diorientasikan pada tujuan pendidikan. Karena itu, butir-butir yang menjadi cakupan atau yang termasuk kedalam skopa manajemen pendidikan, sesungguhnya amat luas dan banyak. Ruang lingkup tersebut meliputi bidang-bidang kegiatan sebagai berikut:
Ø  Manajemen administrasi, tujuannya mengarah agar semua orang dalam organisasi atau kelompok kerjasama mengerjakan hal-hal yang tepat sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.
Ø  Manajemen operativ, tujuannya mengarahkan dan membina agar dalam mengerjakan pekerjaan yang menjadi beban tugas masing-masing setiap orang melaksanakan dengan benar dan tepat.

9.      Jelaskan apa fungsi dan prinsip serta teknik manajemen pendidikan, dan uraikan pentingnya pengambilan keputusan dalam administrasi pendidikan !
Jawaban:
Fungsi manajemen pendidikan, yaitu:
a.       Perencanaan (planning), ialah proses kegiatan untuk menyajikan secara sistematis segala kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan tertentu.
b.      Pengorganisasian (organizing), ialah kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu, pelaksanaanya dengan membagi tugas, tanggung jawab, serta wewenang diantara kelompoknya, ditentukan juga yang akan menjadi pemimpin dan saling berintegrasi dengan aktif.
c.       Penggerakan (actuating), ialah usaha untuk mengarahkan atau menggerakan tenaga kerja atau man power dan mendaya gunakan fasilitas yang tersedia guna melaksanakan pekerjaan secara bersamaan.
d.      Pengawasan (controling), ialah kegiatan untuk mengamati dan mengukur segala kegiatan operasi dan pencapaian hasil dengan membandingkan standar yang terlihat dalam rencana sebelumnya.
Prinsip manajemen pendidikan, yaitu:
a.       Division of work, ialah sifat alamiah yang terlihat pada setiap masyarakat.
b.      Authority and Responsibility, Authority (wewenang), ialah hak memberi intruksi-intruksi dan kekuasaan meminta kepatuhan. Responsibility (tanggung jawab), ialahtugas dan fungsi-fungsi yang harus dilakukan oleh seseorang pejabat agar dapat dilaksanakan, dan authority harus diberikan kepadanya.
c.       Discipline. Hakikat dari pada kepatuhan, ialah disiplin yakni melakukan apa yang sudah disetujui bersama antara pemimpin dengan para pekerja. Baik persetujuan tertulis, lisan, maupun berupa peraturan-peraturan dan kebiasaan-kebiasaan.
d.      Unity of command. Untuk setiap tindakan seorang  pegawai harus menerima intruksi-intruksi dari seorang atasan saja.
e.       Unity of direction. Persyaratan penting untuk kesatuan tindakan, koordinasi, dan kekuatan, serta memfokuskan usaha.
f.       Subordination of individual interest to general interest.
g.      Remuneration of personnel
h.      Centralization
i.        Scalar chain, ialahrantai dari pada atasan bermula dari authority terakhir hingga pada tingkat terendah.
j.        Order
k.      Equity
l.        Stability of tonure of personnel
m.    Initiative
n.      Ecsprit de corps
Teknik manajemen pendidikan, yaitu suatu metode untuk mengelola sarana, piranti, alat manajemen pendidikan supaya dapat mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

10.  Uraikan apa yang dimaksud dengan administrasi sumber daya manusia, administrasi sumber belajar, administrasi sumber fasilitas !
Jawaban:
SDM adalah bagian dari manajemen. Oleh karena itu teori-teori manajemen umum menjadi dasar pembahasannya. SDM lebih memfaktorkan pembahasannya mengenai pengaturan peranan manusia dalam mewujutkan tujuan yang optimal. Pengaturan ini meliputi masalah perencanaan, pengorgnisasian, pengarahan, pengendalian, pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrsian, pemeliharaan, kedisiplinan dan pemberhentian tanaga kerja untuk membantu terwujudnya tujuan perusahaan dan masyarakat. Jelasnya SDM mengatur tenaga kerja manusia sedemikian rupa sehingga terwujud tujuan perusahaan, kepuasan karyawan, dan masyarakat.
Sumberbelajaradalahsemuasumberyangdapatdipakaiolehpesertabelajar,baik secara individual maupun kelompok untuk memudahkan terjadinya proses belajar. Pengertian sumber belajar padadasarnya merupakan suatu daya yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan proses belajar mengajar,baik langsung ataupun tidak,baik sebagian atau keseluruhan.
Sebagai semua sumber  (data,manusia,danbarang) yang dapat dipakai oleh pelajar sebagai suatu sumber tersendir iatau dalam kombinasi untuk memperlancar belajar meliputi pesan, orang, material, alat, teknik, dan lingkungan
Administrasi sumber Fasilitas Secara istilah administrasi yaitu upaya mencapai tujuan sacara efektif dan efisien denganmemanfaatkan orang-orang dalam suatu pola kerjasama.Sarana pendidikan adalah peralatan dan perlengkapan yang secara langsung dipergunakan danmenunjang proses pendidikan, khususnya proses belajar mengajar seperti gedung, ruang kelas, meja-kursi, alat-alat dan media pengajaran. Adapun yang dimaksud prasarana adalah fasilitas yang secaratidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan atau pengajaran seperti halaman, kebun, tamansekolah dan jalan menuju sekolah.

11.  Sebutkan syarat-syarat  untuk menjadi kepala sekolah dan jelaskan aspek-aspek kualifikasi kepala sekolah !
Jawaban:
Syarat-syarat menjadi kepala sekolah, yaitu:
v  Beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa
v  Berkedudukan sebagai guru dan aktif mengajar
v  Usia setinggi-tingginya 52 tahun
v  DP3 serendah-rendahnya memperoleh nilai amat baik untuk unsur kesetiaan dan nilai baik untuk unsur penilaian lainnya didalam 2 tahun terakhir
v  Sehat jasmani dan rohani
v  Mampu melaksanakan wawasan Wiyatamandala
v  Sekurang-kurangnya menduduki pangkat setingkat lebih rendah dari pangkat terendah untuk jabatan kepala sekolah yang bersangkutan
v  Menguasai kurikulum yang berlaku sesuai bidang tugasnya
v  Kreatif dan inovatif
v  Mampu menyusun program pendidikan di sekolah
v  Memiliki dedikasi dan loyalitas yang tinggi
v  Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
v  Menyatakan bersedia di tempatkan dimana saja secara tertulis
v  Bagi guru yang diusulkan untuk menjadi kepala sekolah yang dipekerjakan di sekolah swasta harus ada persetujuan dari yayasan yang akan menerima.
Kualifikasi manajemen sekolah ada 2, yaitu:
a.       Kualifikasi umum, diantaranya:
·         Memiliki kualifikasi akademik S1 atau Diploma empat (D IV) kependidikan atau non kependidikan pada perguruan tinggi yang terakreditasi
·         Pada waktu diangkat sebagai kepala sekolah berusia setinggi-tingginya 56 tahun
·         Memiliki pengalaman mengajar sekurang-kurangnya 5 tahun menurut jenjang sekolah masing-masing, kecuali di Taman Kanak-kanak/ Raudhatul Athfal (TK/RA) memiliki pengalaman mengajar sekurang-kurangnya 3 tahun.
·         Memiliki pangkat serendah-rendahnya III/C bagi pegawai negeri sipil (PNS) dan bagi non PNS diserahkan dengan kepangkatan yang dikeluarkan oleh yayasan atau lembaga yang berwenang
b.      Kualifikasi khusus, diantaranya:
1)      Kepala sekolah Taman Kanak-kanak/Raudhatul Athfal (TK/RA), yaitu:
Ø  Berstatus sebagai guru TK/RA
Ø  Memiliki serifikat pendidikan guru TK/RA
Ø  Memiliki sertifikat kepala TK/RA yang di terbitkan oleh lembaga yang diterapkan pemerintah
2)      Kepala sekolah SD/MI, diantaranya:
Ø  Berstatus sebagai guru SD/MI
Ø  Memiliki sertifikat pendidikan guru SD/MI
Ø  Memiliki sertifikat kepala SD/MI yang di terbitkan oleh lembaga yang diterapkan pemerintah
3)      Kepala sekolah SMP/MTs, diantaranya:
Ø  Berstatus sebagai guru SMP/MTs
Ø  Memiliki serifikat pendidikan guru SMP/MTs
Ø  Memiliki sertifikat kepala SMP/MTs yang di terbitkan oleh lembaga yang diterapkan pemerintah
4)      Kepala sekolah SMA/MA, diantaranya:
Ø  Berstatus sebagai guru SMA/MA
Ø  Memiliki serifikat pendidikan guru SMA/MA
Ø  Memiliki sertifikat kepala SMA/MA yang di terbitkan oleh lembaga yang diterapkan pemerintah
5)      Kepala sekolah SMK/MAK, diantaranya:
Ø  Berstatus sebagai guru SMK/MAK
Ø  Memiliki serifikat pendidikan guru SMK/MAK
Ø  Memiliki sertifikat kepala SMK/MAK yang di terbitkan oleh lembaga yang diterapkan pemerintah
6)      Kepala sekolah Luar Biasa (SDLB/SMPLB/SMALB), diantaranya:
Ø  Berstatus sebagai guru SDLB/SMPLB/SMALB
Ø  Memiliki serifikat pendidikan guru SDLB/SMPLB/SMALB
Ø  Memiliki sertifikat kepala SDLB/SMPLB/SMALB yang di terbitkan oleh lembaga yang diterapkan pemerintah
7)      Kepala sekolah Indonesia Luar Negeri, diantaranya
Ø  Memiliki pengalaman sekurang-kurangnya 3 tahun sebagai kepala sekolah
Ø  Memiliki sertifikat pendidikan sebagai guru pada salah satu satuan pendidikan
Ø  Memiliki sertifikat kepala sekolah yang diterbitkan oleh lembaga yang ditetapkan pemerintah

12.  Sebutkan judul buku yang telah anda baca tentang administrasi pendidikan, tahun penerbit, penerbit, jumlah halaman, dan pokok-pokok isi atau intisari dari buku tersebut !
Jawaban:
Judul buku                        : Administrasi dan Supervisi Pendidikan
Pengarang                         : Drs. Herabudin, M.Pd
Tahun terbit                      : Maret 2009 Masehi/ Robiul Awal 1430 Hijriah
Penerbit                            : CV Pustaka Setia
Jumlah halaman                : 275 halaman
Cetakan                            : ke 1
INTI SARI
Buku ini menguraikan tentang permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan Administrasi akademik di sekolah tingkat dasar dan menengah. Serta dikupas pula mengenai Administrasi pendidikan di perguruan tinggi dengan mengambil contoh kongkret di UIN Sunan Gunung Jati Bandung, khususnya fakultas Tarbiyyah. Selain itu, buku ini juga menguraikan Undang-undang no 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional dan Undang-undang tentang guru dan dosen. Oleh karena itu, dengan membaca buku ini akan memperoleh tambahan informasi yang aktual tentang permasalahan terkini.

13.  Tulis beberapa ayat alqur’an dan hadits yang ada kaitannya dengan administrasi pendidikan !
Jawaban:
isi kadungan dari Q.S. Al-An’am ayat 70 yang menurut berbagai pihak erat kaitannya dengan Administrasi Pendidikan.
Description: a070Q.S Al-An’am ayat 70
“Dan tinggalkanlah orang-orang yang menjadikan agama mereka sebagai main-main dan senda gurau, dan mereka telah ditipu oleh kehidupan dunia. Peringatkanlah (mereka) dengan Al-Quraan itu agar masing-masing diri tidak dijerumuskan ke dalam neraka, karena perbuatannya sendiri. Tidak akan ada baginya pelindung dan tidak pula pemberi syafa'at selain daripada Allah. Dan jika ia menebus dengan segala macam tebusanpun, niscaya tidak akan diterima itu daripadanya. Mereka itulah orang-orang yang dijerumuskan ke dalam neraka. Bagi mereka (disediakan) minuman dari air yang sedang mendidih dan azab yang pedih disebabkan kekafiran mereka dahulu.”
Hadist yang Menunjang
عَنْ أَبِي مُحَمَّدٍ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرو بْنِ الْعَاصِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : لاَ يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يَكُوْنَ هَوَاهُ تَبَعاً لِمَا جِئْتُ بِهِ
[حَديثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ وَرَوَيْنَاهُ فِي كِتَابِ الْحُجَّة بإسنادٍ صحيحٍ ]

Dari Abu Muhammad Abdillah bin Amr bin ‘Ash radhiallahuanhuma dia berkata : Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : “Tidak beriman salah seorang di antara kalian hingga hawa nafsunya mengikuti apa yang aku bawa” (Hadits hasan shahih dan kami riwayatkan dari kitab Al Hujjah dengan sanad yang shahih).
Kesimpulan dari Ayat Al-Qur’an dan Hadist tentang Admninistrasi Pendidikan:
Dalam QS. Al-An’am [6] : 70 dan Hadist, dijelaskan pemimpin yang baik itu harus sesuai dengan kemampuannya serta yang dapat menundukan hawa nafsunya. Karena apabila seorang pemimpin mengambil keputusan sesuai dengan hawa nafsunya, maka akan menyesatkan dirinya sendiri dan orang lain dari jalan Allah SWT.Untuk itu kita selaku orang Administrasi Pendidikan yang kelak insya Allah akan menjadi pemimpin dimasa depan, harus pandai-pandai menundukan hawa nafsu kita demi kemaslahatan orang banyak.


1 komentar:

  1. 8 Casino Games that Should Be a Successful Gambler in 2021
    It can be difficult to explain 충청북도 출장샵 why gambling 안양 출장샵 is so popular 대전광역 출장샵 and why it 서울특별 출장안마 is not so easy to do. Learn from 파주 출장안마 the great experts and see

    BalasHapus